Tuesday, February 10, 2015

Dragonfly Antenna

Apakah ada capung yang memiliki sungut / antena di kepalanya?
Ternyata jawabannya ada, meskipun capung jenis ini sangat jarang terlihat. Bahkan seperti yang terlihat di foto, sungut mereka ada yang sepanjang badannya. Hal ini cukup aneh juga karena capung lebih mengandalkan penglihatannya dibanding indra sentuhan ataupun penciuman (bau) sehingga tidak memerlukan antena yang besar atau panjang seperti pada kumbang.

Satu hal yang berbeda pada foto ini, biasanya sayap capung mengembang pada saat dia hinggap atau sedang tidak terbang. Hal ini justru merupakan ciri-ciri dari capung jarum yang kebanyakan sayapnya menutup pada saat istirahat. Memang sesaat sebelum foto ini diambil, sayap capung ini mengembang. 

Dragonfly Antenna


Entah ada hubungannya ataupun tidak dengan adanya sepasang sungut ini, Aku rasa capung ini cukup peka dengan kehadiranku sehingga tak banyak waktu untuk mengambil foto ini sebelum capung tersebut terbang menjauh dan menghilang. Padahal aku ambil foto ini saat sudah sangat sore yang biasanya mereka sudah malas untuk terbang.

Setelah googling dan mencari info dari komunitas-komunitas yang tertarik dengan capung, ternyata binatang tersebut  bukan capung, melainkan Owlfly dari famili Ascalaphidae.   :)

No comments:

Post a Comment